Senin, 20 November 2017

Cara Membudidayakan Udang Vanamei Dengan Cara Intensif Memakai Pupuk Yatop Di

Tips Membudidayakan Udang Vanamei Dengan Cara Semi Intensif Memakai Pupuk Yatop


1. Cara memelihara udang vaname tidak terserang penyakit Wsf/Mio/Bercak putih dll. ?


Sehat itu penting, pertama yang wajib di sterilkan yakni Air terlebih dulu. Taburlah Yatop sebanyak 3 Liter/hektar ke dalam tambak dengan dicampur air, usahakan penaburan dengan rata. Tujuannya biar air tidak tercampur bakteri, seimbang, plangkton dan phyto plankton tumbuh secara cepat selain itu juga kondisi tanah didasar tambak cepat berlumpur seperti tepung, dimana menyebabkan udang tidak cepat naik ke atas dan nyaman berada di dasar lumpur, dengan begitu maka udang akan berkembang dengan besar.


Usahakan setiap 1 minggu sekali di tabur pupuk yatop 1 liter/hektar tujuannya adalah untuk tetap menjaga ekosistem di dalam tambak, merawat kesehatan udang lebih aktif, lincah dan nafsu makannya akan meningkat 3 kali lipat. Penaburan yatop 1 liter/hektar setiap 1 minggu sekali merupakan hal yang wajib, karena untuk mencegah situasi cuaca ekstrem yang bisa berubah setiap saat. Kebutuhan pupuk yatop untuk 1 hektar berkisar 15 liter sampai panen. ( 3 bulan ).


2. Bagaimana udang yang sulit moulting ( ganti kulit ) sehingga pertumbuhannya tidak cepat ?


Udang tumbuh besar ditandai dengan terlihatnya moulting. Udang yang sehat moultingnya cepat namun kalau udang susah moulting dipastikan ada sesuatu yang salah di dalam tambak. Masalahnya ini harus ditemukan. Tetapi untuk menemukan faktor penyebabnya itu yang susah bahkan petani malas untuk mengeceknya. Rata-rata pembudidaya kita ingin instan. Faktor udang tidak moulting dikarenakan kulit udang mengeras. Solusinya adalah dengan menaburkan pupuk yatop 5 liter/hektar semakin banyak pupuk yatop di tabur ke area tambak maka udang moulting akan lebih cepat. Sifat pupuk yatop itu perih jika kena luka, rasa perihnya tersebut hanya dalam waktu sekian detik atau menit, jika terkena kulit udang maka hasilnya udang akan lebih cepat berganti kulit. Seringkali udang akan berganti kulit dalam waktu 4 hari.

3. Bagaimana udang stress/teller masih dapat diselamatkan ?



Udang bisa stress dikarenakan banyak penyebab, seperti misalnya adalah kondisi di area tambak tidak seimbang, kurangnya protein di dasar, tengah dan di atas air. Pupuk Yatop adalah pupuk yang didalamnya terkandung banyak sekali protein tinggi. Ciri-cirinya adalah jika tutup botol di buka lalu ditutup lagi maka proteinnya akan muncul ke permukaan berwarna putih. Apabila udang stress/teller dan naik ke permukaan maka solusi tepatnya adalah taburkan Yatop sebanyak 3 liter/hektar kemudian tunggu sebentar 1 hingga 3 jam, apakah udang kembali turun ke dasar atau tidak. Jika masih belum turun maka tebarkan kembali yatop 1 – 2 liter lg. Semakin banyak pupuk yatop di tebar maka semakin cepat udang akan turun ke bawah dan normal kembali. Kalau udang sudah stress dan pulih kembali dengan yatop maka Usahakan dilakukan penebaran pupuk yaotp sebanyak 1 liter/hektar secara kontinyu setiap 1 pekan sekali. Jangan sampai lewat satu minggu karena akan menyebabkan udang stress lagi.


4. Bagaimana tambak yang sudah kurang produktif / jarang menghasilkan masih dapat diperbaiki ?

Tambak yang sudah rusak/kurang produktif masih bisa diperbaiki, caranya yakni harus dikembalikan ke alam. Pakai kotoran hewan sapi, karena di dalam lument sapi ada banyak mikroba yang bermanfaat untuk tanah dan dapat bertahan hingga 3 bulan. Resep pembuatan Kotoran sapi sebagai berikut. : 1 LITER PUPUK YATOP + 5 KG KOTORAN SAPI BARU + 50 LITER AIR. Fermentasi dalam kurun waktu 1 minggu, setiap hari di aduk selama 5 menit. Setelah 1 minggu tebarkan ke tambak dalam kondisi macak-macak. Diamkan selama 5 hari jika timbul lumut sutera lalu isi tambak sampai penuh. Kebutuhan kotoran sapi sebanyak 50 kg/hektar. Kotoran sapi harus yang baru, maksimal 3 hari setelah keluar dari dubur sapi



Keunggulan Pupuk Yatop Untuk Udang Vanamei

Berdasarkan pengalaman di Lapangan pupuk Yatop mempunyai sifat yang unik dan aneh di berbagai wilayah di Indonesia. Kelebihannya adalah sebagai berikut :


1. Dapat Menetralisir Air Payau

Air payau untuk udang dapat dinetralisir oleh yatop dalam waktu kira-kira 3 jam. Caranya : Masukan air payau ke dalam gelas (240 cc) lalu masukan juga pupuk yatop. Air payau yang tadinya asin akan berubah menjadi netral selama kurang lebih 3 jam, dan garamnya akan turun ke bawah. Lama kelamaan air tersebut akan terasa seperti manis jambu air.


2. Dapat Menetralisir Residu Kimia Dalam Air

Air yang sudah tercemar oleh limbah dari pabrik bisa dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam kurun waktu 3 hari. Air tambak yang sudah tercemar dalam waktu 3 hari berubah warnanya. Maka dari itu kami menyarankan sebelum udang dimasukan ke tambak lebih baik ditabur pupuk yatop terlebih dahulu jika sudah 3 hari baru masukan benih udang.


3. Ph Air Dan Ph Tanah Menjadi Seimbang

Setelah air & tanah di tabur yatop maka dalam waktu 3 hari kondisinya menjadi seimbang. Hal ini telah terbukti dengan melakukan test kertas lakmus dimana PH tanah {berubah menjadi|menjadi| 6. Jika PH sudah seimbang maka udang pun akan berkembang dengan subur.


4. Tanah Lumpur Akan Menjadi Halus Seperti Tepung

Tanah lumpur yang telah diberi pupuk yatop maka kondisi lumpurnya akan mengalami perubahan menjadi halus seperti tepung dalam kurun waktu 4 hari. Semua mikroba tanah akan bereaksi karena yatop merupakan sumber makanan untuk bakteri.


5. Lumut Sutera Akan Subur

Tambak yang di tabur dengan Yatop akan tumbuh lumut sutera, paling cepat 4 hari hingga 1 minggu. Lumut sutera baik untuk sumber makanan udang.


6. Mengobati Luka Pada Udang

Udang yang terkena penyakit, Virus atau lainnya dapat diobati dalam kurun waktu 30 menit. Apabila lumpurnya sudah mengandung yatop maka hasilnya udang yang terkena luka masuk ke dalam lumpur dan lukanya akan cepat terobati.


7. Plankton Berkembang Dengan Subur

Tambak yang sudah di tabur Yatop dalam waktu 3 hari akan terlihat hewan plankton yang berkemban biak didasar, tengah dan permukaan air.


8. Udang Stress Normal Kembali

Jika melihat udang yang sedang stress atau minggir ke atas permukaan maka udang tersebut hidupnya tak akan bertahan, esok atau lusa udang akan mati. Jika melihat kejadian seperti itu maka solusi tepatnya Taburkan Yatop 3 liter perhektar, dalam hitungan 3 jam udang akan sehat kembali dan kembali ke dasar tambak. Udang setelah ditabur pupuk akan lebih gesit/lincah.


9. Daging Udang Bebas Residu 

Udang yang sudah memakai yatop ketika dipanen dagingnya sudah bebas dari residu kimia. Warna udang cerah, daging lebih kenyal, dan rasa gurih.


Umtuk Konsultasi Dan pemesanan bisa langusng ke Umar yatop Di no 085286231111 dan dapatkan updatenya di Budidaya udang

Author Profile

About elharamain

Travel umroh terbaik dan terpercaya di indonesia terdaftar di kementrian agama.

0 Komentar Cara Membudidayakan Udang Vanamei Dengan Cara Intensif Memakai Pupuk Yatop Di

Posting Komentar

Back To Top